Komoditas Kabupaten Tuban

Komoditi lain dari Kabupaten Tuban adalah dari hasil perkebunan. Berbagai jenis buah banyak tumbuh di sini. Buah-buahan dari Tuban sudah terkenal dari dulu, di kota besar pun mempunyai harga paling tinggi dibanding dengan buah dari daerah lain atau bahkan buah impor.

Kacang Tanah

kacang tanah



Kacang tanah dari Tuban bentuknya tidak terlalu besar namun gurih dan manis rasanya. Kacang tanah Tuban varietasnya tak tertandingi dengan kacang tanah dari manapun. Warna bijinya ungu. Tidak dijual di pasar, sehingga pembeli datang langsung ke kebun. Saat ini produksi total kacang tanah Tuban mencapai 33.000 ton per tahun.

:: ::

Mangga

mangga



Berbagai jenis mangga banyak tumbuh di Tuban, baik yang dikelola di perkebunan mangga maupun yang tumbuh bebas di halaman rumah penduduk. Kondisi tanah yang sangat cocok membuat pohon mangga dapat tumbuh subur di sini. Jenis mangga yang banyak tumbuh di Tuban adalah mangga Manalagi, berdaging tebal, manis dan tak berserat.

:: ::

Siwalan

siwalan



Buah Siwalan akan sangat akrab bagi pengunjung kota Tuban karena pajangan yang banyak didapati terutama di sepanjang rute Tuban-Babat. Sangat mudah untuk berbelanja dan mencicipi rasa khas dari buah ini, kenyal manis tapi bukan kelapa muda.
Selain dapat dikonsumsi langsung dengan mengupas kulit buah yang masih muda, pohon Siwalan juga penghasil Tuak dan Legen, minuman khas dari Tuban. Manfaat lain dari pohon Siwalan adalah daunnya yang dapat digunakan untuk bahan hiasan seperti pada miniatur Ongkek.

Kelapa

kelapa



Tanaman kelapa banyak dijumpai di Tuban, terutama di daerah tepi pantai arah timur kota Tuban. Kelapa juga banyak ditanam hampir merata di semua wilayah kecamatan.

 

0 Responses to Komoditas Kabupaten Tuban