Makanan Khas Kabupaten Tuban

Makanan di Tuban memang terkenal enak. Sungguh unik, sekaligus kreatif. Rahasia masakan Tuban adalah pedasnya masakan yang menimbulkan keringat dan gairah tersendiri.

Becek

becek menthok kaya bumbu



Bentuk masakan ini memang berupa kuah kental. Becek bisa memakai berbagai jenis daging: sapi, kambing, ayam, atau menthok. Penampilan dan baunya mirip kari, tetapi lebih kental. Ternyata masakan Tuban lebih complicated dan kaya bumbu dibanding masakan India atau Padang. Bumbunya sangat banyak dan harus komplet. Tidak boleh kurang satu pun.
Bumbu becek adalah merica, jintan, bawang merah, bawang putih, mesoyi (bentuknya seperti kayu), daun salam, daun jeruk purut, serai (lemon grass), tomat, santan, dan diakhiri dengan taburan rajangan daun bawang.

:: ::

Sate Menthok

Menthok adalah bahasa Jawa untuk menyebut unggas yang mirip itik atau bebek, dengan kaki dan leher yang lebih pendek. Secara keseluruhan rasanya seperti sate kambing. Sama sekali tak ada bau anyir yang mungkin merupakan ciri utama daging menthok. Hal itu disebabkan karena bumbu dan tekstur dagingnya. Sambel kecapnya pun dibuat dari kecap khas Tuban, Cap Laron.

:: ::

Nasi Jagung

ulas-ulas ikan tengiri



Pengaruh Madura membuat sebagian warga Tuban suka makan nasi jagung (campuran beras dan jagung). Lauk yang paling cocok untuk nasi jagung adalah ulas-ulas. Silakan mencicipi ulas-ulas ikan tengiri dan tahu yang puedess-nya minta ampun. Citarasa yang menonjol dari masakan Tuban memang pedas dan asin.

:: ::

Nasi Thithi

Nasi thithi merupakan salah satu masakan ciri khas Tuban. Dibuat dari seperlima bagian beras dan empat per lima bagian singkong yang diparut kasar. Dimakan dengan sayur asem yang dibuat dari batang kelor. Sambalnya adalah sambal ale, semacam biji yang dikecambahkan sehingga muncul enzim yang mirip petai. Hidangan sederhana yang sungguh unik dan membangkitkan selera.

:: ::

Nasi Goreng Ikan Peda

Nasi goreng ikan peda disajikan dengan bumbu cabe hijau. Citarasa dan aroma cabe hijau menjadikan nasi goreng ini sangat khas.

:: ::

Legen & Tuak

Legen atau sari buah lontar (siwalan) yang manis juga merupakan produk unggulan Tuban. Yang terbaik adalah yang usianya kurang dari tiga jam sebelum mulai memasuki proses fermentasi. Legen berbeda dengan tuak. Pada dasarnya tuak adalah legen yang sudah mengalami fermentasi, sehingga mengandung alkohol. Legen dan tuak dijajakan dalam bonjor (tabung bambu) yang berbeda.

:: ::

Kopi Tubruk

Kopi tubruk gula batu disajikan dengan cara khas Tuban. Maksudnya, cara minumnya yang khas. Kopi dan gula batu diseduh dalam cangkir, lalu lepek (piring kecil yang biasanya ditaruh di bawah cangkir) diletakkan di atas untuk menutup cangkir. Kemudian, dengan cepat keduanya diputar balik, sehingga cangkirnya menghadap ke bawah. Cairan kopi panas yang 'bocor' ke piring kecil itulah yang kemudian di-sruput pelan-pelan. Bahkan akan lebih nikmat bila minum kopi sambil duduk dengan sebelah kaki diangkat ke bangku (njigrang).

 

0 Responses to Makanan Khas Kabupaten Tuban