Oleh-oleh Khas Tuban

Pengunjung Kota Tuban dapat dengan mudah untuk membeli oleh-oleh khas Tuban. Karena banyak dijajakan di toko-toko, maupun membeli di pusat-pusat penjual cinderamata.

Batik Tenun Gedog

perajin batik



Batik Gedog merupakan batik tradisional khas Tuban. Uniknya, kerajinan ini hanya dikerjakan oleh warga Desa Margorejo dan Karangrejo, Kecamatan Kerek, yang letaknya sekitar 27 km arah barat Tuban. Di sana suasana gedog amat terasa mendominasi berbagai aktivitas warga mulai dari menenun, membatik, menjahit, dan menjemur.
Motif khas batik Gedog adalah gambar seekor burung Lacanang berhias bunga yang konon dibawa oleh prajurit Tar-Tar yang mendarat di pantai Tuban pada zaman majapahit.

:: ::

Ongkek Tuak

penjual legen/tuak



Ongkek adalah tempat manaruh minuman Tuak & Legen yang dibuat dari bambu dengan dililit rapi oleh daun lontar. Saat ini agak jarang didapati penjual Tuak/Legen yang masih menggunakan Ongkek karena mereka lebih suka menggunakan jerigen. Justru lebih mudah untuk mendapatkan miniatur Ongkek yang bagus untuk hiasan ruang tamu keluarga.

:: ::

Anyaman Bambu

anyaman bambu



Kerajinan anyaman bambu khas Tuban sangat berpotensi sebagai komoditi ekspor industri kecil. Pusat industri anyaman bambu ini terletak di Kecamatan Merakurak. Bahkan kerajinan ini dapat dibentuk sesuai dengan pesanan, misalnya dengan mencantumkan nama pemesan pada hasil kerajinan.

Gerabah Hias

gerabah hias



Saat ini peranan Gerabah sebagai perlengkapan rumah tangga telah tergantikan dengan produk dari logam, tetapi keberadaannya sebagai peninggalan budaya leluhur patutlah untuk dilestarikan bersama.
Di Tuban, pusat industri gerabah terletak di Kelurahan Karang, Kecamatan Semanding. Pengunjung akan dapat menyaksikan keseluruhan proses produksi yang masih dilakukan dengan cara tradisional. Mulai dari penyaringan tanah, pembentukan motif, pembakaran dan sampai pada proses pemberian warna.

 

0 Responses to Oleh-oleh Khas Tuban