Tuban In Fact

Dalam bahasa Jawa Kawi, Tuban berarti "Jeram", sedangkan jeram itu sendiri adalah air terjun. Apabila kita lihat di Tuban terdapat air terjun yang terdapat di Kecamatan Singgahan (air terjun Nglirip) dan di Kecamatan Semanding (air terjun Banyulangseh). Namun pada kedua air terjun tersebut, baik di Nglirip maupun di Banyulangse tidak ada data Arkeologi yang mendukung bahwa itu bekas suatu kota.

Data Arkeologi

Di Ngerong, Kecamatan Rengel, terdapat arca Mahatula yang menunjukkan ciri jaman Singosari. Begitu pula terdapat pecahan keramik serta batu bata. Selain itu pada wilayah Kecamatan Rengel ditemukan pula prasasti Malengga dan Banjaran yang bertahun 1052 M.

:: ::

Data Geografis

Kecamatan Rengel terletak di tepi sungai Bengawan Solo yang jaman dulu merupakan sarana penghubung utama. Di tepi sungai Bengawan Solo terdapat hamparan sawah yang subur serta pegunungan yang membujur dari arah utara sampai ke selatan. Hal ini sangat strategis ditinjau dari segi ekonomi maupun militer dalam mendukung pengembangan pusat pemerintahan.

:: ::

Sumber Tertulis

Penelusuran berdirinya Tuban sebagai desa atau wilayah yang setingkat dengan kabupaten sekarang ini perlu pengkajian sumber tertulis. Didukung oleh penemuan berupa Prasasti Kambang Putih, Prasasti Malengga, Prasasti Banjaran, Prasasti Tuban. Demikian pula dari berita Cina yang sangat penting, yaitu uraian Ma Hua dalam bukunya "Ying Yai Shing Lan". Ma Hua adalah orang Tionghoa yang beragama Islam, yang mengiringi perjalanan Cheng Ho dalam perjalanan ke daerah lautan selatan sekitar tahun 1413 M sampai dengan 1425 M.


 

1 Response to Tuban In Fact

  1. aalamfagot Says:
    Merkur Double Edge Adjustable Safety Razor | TiG
    The titanium belly button rings Merkur titanium grey Double Edge Double Edge Razor titanium block is titanium wedding bands for men a stylish adjustable safety razor that is suitable for tough and sensitive skin. Made of brushed chrome, the 2020 edge titanium handle